1. JUDUL : PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA
PT. TELKOMSEL DI KOTA JEMBER
2. Latar Belakang
Setiap
perusahaan dalam menjalankan suatu usaha tentu tidak lepas dari usaha untuk
mencapai tujuan yang telah direncanakan. Berhasil tidaknya suatu perusahaan
dalam mencapai tujuan tersebut dipengaruhi oleh kemampuan manajemen dalam
melihat peluang dan kesempatan saat ini dan masa yang akan datang. Dengan
semakin berkembangnya dunia usaha, maka semakin ketat pula persaingan yang
dihadapi perusahaan. Oleh karenaitu, masalah untuk mencapai tujuan
bukanlah hal yang mudah, keadaan ini
menuntut adanya profesionalisme seorang manajer dalam melaksanakan perencanaan,
pengkoordinasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap semua kegiatan
operasional perusahaan. Manajemen perusahaan merupakan salah satu bidang yang
sangat penting. Pelaksanaan konsep pemasaran yang benar bagi suatu perusahaan
dapat mendukung berhasilnya usaha yang dilakukan dengan memberikan kepuasan
terhadap kebutuhan konsumen.
Semakin
cepatnya perubahan teknologi informasi, harus diantisipasi secara tepat. Kini
teknolohi informasi telah menyebabkan informasi menjadi hal yang tidak
eksklusif lagi, karena hampir semua orang dapat mengakses informasi yang sama
pada waktu yang sama pula. Kemajuan dibidang teknologi juga dapat memberi suatu
harapan kepada dunia usaha untuk tumbuh dan berkembang,. Hal ini akan
menimbulkan persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan-perusahaan yang
ada, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk sejenis.
Pemasaran
sebagai tindakan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dimana fungsi
pemasaran sering disebut sebagai ujung tombak perusahaan dalam mencapau
tujjuannya, karena itu dalam teori pemasaran modern disebutkan bahwa kunci
sukses sebuah perusahaan atau organisasi adalah sangat tergantung pada
kemampuan melakukan penyesuaiansecara dinamis terhadap kondisi lingkungan
(Kotler, 1997:112). Berdasarkan hal tersebut keberhasilan suatu bisnis bukan
ditentukan oleh produsennya melainkan oleh pelanggannya atau konsumen, sehingga
berdasarkan konsep pemasaran tersebut hanya perusahaan yang mempunyai wawasan
yang hanya bertahan, baik dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani
pelanggan secara efektif dan memberikan nilai lebih baik dari pesaingnya.
Pemasaran
sebagai salah satu alat terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan, yang
terkait erat dengan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Penentuan
strategi yang baik akan membawa pengaruh positif bagi pihak manajemen untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan tepat dan diharapkan akan dapat
menjelaskan diri untuk bersaing dengan lingkungannya. Untuk mencapainya,
strategi yang akan digunakan salah satunya adalah strategi pemasaran sebagai
alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang
dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
Sesuai dengan pendapat Sofyan Assauri (2007:168) yang menyatakan bahwa strategi
pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang
memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada
masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama sebagai tanggapan
perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan persaingan yang selalu bertambah.
Penentuan
strategi pemasaran memerlukan alat analisis yang tepat dan cermat, salah
satunya adalah dengan menerapkan analisis SWOT, dengan analisis SWOT diharapkan
perusahaan dapat menentukan tujuan yang realistis, sesuai dengan kondisi
perusahaan. Analisis SWOT secara sederhana dipahami sebagai pengujian terhadap
kekuatan dan kelemahan internal sebuah organisasi, serta kesempatan dan ancaman
lingkungan eksternalnya. SWOT adalah perangkat umum yang didesain dan digunakan
sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan sebagai perencanaan
strategi dalam berbagai terapan. Agar lebih efektif, analisis SWOT harus
bersifat fleksibel. Mengingat situasi dan kondisi yang cepat berubah seiring
dengan berjalannya waktu, maka analisis harus sering disesuaikan. SWOT sangat
praktis dan tidak boros terhadap waktu, serta efektif karena kesederhanaannya.
Dapat digunakan secara kreatif, sehingga membentuk dan membangun fondasi,
dimana dapat menciptakan sejumlah rencana strategi untuk pembangunan
perusahaan.
Telkomsel
( PT Telekomunikasi seluler ) adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa
telekomunikasi seluler melalui sim card dengan produk bernama kartu HALO,
Simpati dan As. Semakin ketatnya persaingan telekomunikasi jasa saat ini, maka
PT. Telkomsel perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target
pasar. PT. Telkomsel mempunyai persaingan yang cukup ketat dengan produk lain
yang sejenis antara lain Mentari, IM3, XL, Axis dan lain-lain, yang sama
memiliki keunggulan dari segi produk maupun strategi pemasaran yang ditetapkan.
PT. Telkomsel dengan cara-cara yang digunakan dalam pemasaran dan pelayanan
kepada konsumen masih memerlukan inovasi baru dalam meghadapi persaingan saat
ini yang mana diperlukan strategi yang lebih baik.
3.
Rumusan
Masalah
PT.
Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang
telekomunikasi di Indonesia. Sebagai perusahaan yang telah berkompetisi dengan
para pesaingnya cukup lama PT.Telkomsel tentunya memiliki tantangan dan kendala
dalam meningkatkan pemasaran produknya karena persaingan yang cukup ketat. Dalam
menghadapi persaingan tersebut tentunya PT.Telkomsel perlu menggunakan strategi
pemasaran yang tepat dan terarah, karena akan mendukung tingkat penjualan PT.
Telkomsel Cabang Jember. Oleh karena itu, dapat dirumuskan masalah sebagai
berikut : Bagaimana menentukan strategi pemasaran Telkomsel yang dilakukan oleh
PT.Telkomsel Cabang Jember ?
4.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
pokok permasalahan diatas, maka tujuan yang akan dicapai dalam penenlitian ini
adalah : Menentukan strategi pemasaran Telkomsel yang dilakukan PT. Telkomsel
Cabang Jember.
5.
Manfaat
Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak antara lain :
a. Bagi
Peneliti
Dapat meningkatkan
wawasan yang lebih luas tentang strategi pemasaran pada dunia pemasran yang
semakin ketat dan peneliti dapat memecahkan masalah dengan strategi pemasaran.
b. Bagi
Perusahaan
Hasil penelitian
diharapakan dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bahan masukan mementukan
strategi pemasaran.
c. Bagi
Akademis
Hasil penelitian
diharapkan dapat berguna bagi pustakawan dan sebagai referensi bagi peneliti
selanjutnya.
6.
Kerangka
Konseptual
Telkomsel------>SWOT------>Internal
–Eksternal Matriks------>Strategi Pemasaran
Dunia
persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan kegiatan pemasan sebagai fungsi
operatif dalam perusahaan atau bidang usaha sehingga perlu dikoordinakan dan
diarahkan dengan baik agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.
Mengacu
pada gambar diatas dapat dilihat bahwa kerangka konseptual yang mendasari penenlitian
yaitu mengenai analisis strategi pemasaran Telkomsel dengan menggunakan
analisis SWOT. Maka dilakukan identifikasi terhadap faktor-faktor strategi
yaitu faktor internal dan eksternal perusahaan kemudian disusun tabel IFAS dan
tabel EFAS. Penentuan posisi perusahaan dan strategi secara umum didasarkan
pada analisis total skor faktot internal dan faktor eksternal dengan
menggunakan model IE Matrix. Kemudian strategi pemasaran PT. Telkomsel Cabang
Jember.
7.
Metode
Analisis Data
Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan metode SWOT (Kotler, 2008:67). Analisis
yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancamandari perusahaan. Analisis ini
menjadi dasar pengambilan keputusan untuk memilih strategi pemasaran, dalam hal
ini dapat dilakukan identifikasi terhadap kondisi pemasaran.
wah sangat membantu banged nih artikel nya untuk membuat skripsi saya,, makasih ya :)
BalasHapusMakasih artikelnya
BalasHapusMakasih artikelnya
BalasHapus