Paul
Mc.Kinney adalah pemilik dan operator restoran kecil yang berlokasian di kota
yang masyarakatnya pekerja keras. Pemilik tersebut lulusan perguruan tinggi di
bidanng akuntansi. Dia mampu menganalisis dan mengontrol biaya.
Restoran
berlokasi di tempat lama tetapi bangunannya dibuat model baru. Bisnisnya
dibangun strategi volume yang tinggi dengan biaya umum yang rendah. Kapasitas
tempat duduk hanya 25-30 orang. Mc.Kinney concerndengan konsumen yang tinggal
lama setelah makan sambil santai di tempat duduk. Ia telah mempertimbangkan
penggunaan pengeras suara (a buzzer system) untuk mengingatkan konsumen untuk
meninggalkan restoran. Ia concern bahwa metodenya sangat jelas dan mungkin
membuat konsumen tidak puas.
Questions
:
1.
What is your opinion regarding Mc.Kinney
proposed buzzer system ?
2.
What other suggestions to help increase
turnover you make ? why are these ideas better ?
3.
What type of diversufication strategy
would be concistent with Mc.Kinney’s restaurant business ? be specific ?
JAWABAN
Pemasaran merupakan salah satu
kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
usahanya, tetapi dalam pemasaran modern sepertinya paradigma pemasaran telah
bergeser, tidak hanya menciptakan transaksi untuk mencapai keberhasilan
pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan pelanggan dalam
waktu yang panjang. Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya tentu tidak
lepas dari usaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Berhasil
tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut dipengaruhi oleh
kemampuan manajemen dalam melihat peluang dan kesempatan saat ini dan masa yang
akan datang. Dengan semakin berkembangnya kehidupan dunia usaha, maka makin
ketat pula persaingan yang dihadapi perusahaan. Oleh karena itu, masalah
mencapai tujuan bukanlah hal yang mudah, keadaan seperti itu menuntut adanya
profesionalisme seorang manajer dalam melaksanakan perencanaan,
pengkoordinasian, pengarahan dan pengawasan terhadap semua kegiatan operasional
perusahaan. Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang yang penting dalam
pelaksanaan konsep perencanaan suatu perusahaan, karena dapat mendukung
berhasilnya usaha yang dilakukan dengan cara memberikan kepuasan terhadap
kebutuhan konsumen.
Kemajuan di bidang teknologi juga
dapat memberi suatu harapan kepada dunia usaha untuk tumbuh dan berkembang,
karena hal itu mendorong agar perusahaan semakin termotivasi untuk melakukan
inovasi-inovasi baru untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran sebagai
tindakan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dimana fungsi pemasaran
sering disebut sebagai ujung tombak perusahaan dalam mencapai tujuannya, karena
dalam teori pemasaran modern disebutkan bahwa kunci sukses sebuah perusahaan
sangat tergantung pada kemampuan melakukan penyesuaian secara dinamis terhadap
kondisi lingkungan. Berlandaskan hal tersebut keberhasilan suatu bisnis bukan
ditentukan oleh produsen melainkan oleh konsumen, sehingga berdasarkan konsep
pemasaran tersebut hanya perusahaan yang mempunyai wawasan pelanggan yang
bertahan, baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani pelanggan secara
efektif dan memberikan nilai lebih baik daripada pesaing.
Pemasaran sebagai salah satu alat
terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan, yang terkait dengan persaingan
pasar yang semakin kompetitif. Penentuan strategi yang baik akan membawa
pengaruh positif bagi pihak manajemen untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Penentuan strategi pemasaran memerlukan alat analisis yang tepat
dan cermat, salah stunya adalah dengan menerapakan analisis SWOT. Dengan
analisis SWOT diharapakan perusahaan dapat menentukan tujuan yang realistis
sesuai dengan kondisi perusahaan. Analisis SWOT secara sederhana dipahami
sebagai pengujian terhadap kekuatan dan kemampuan internal perusahaan yang
berupa keunggulan baik sumber daya, keahlian serta keunggulan lain yang dapat
digunakan dalam persaingan bisnis. Kelemahan dan keterbatasan yang dimiliki
oleh internal perusahaan yang dapat menghambat perusahaan dalam mencapai
tujuannya. Peluang dan kesempatan adalah suatu keadaan eksternal perusahaan
dalam mencapai tujuannya. Serta ancaman lingkungan eksternal perusahaan yang
dapat menghalangi dan menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya.
1.
Berdasarkan konsep yang digunakan oleh Mc.Kinney, penggunaan pengeras suara
dianggap mampu mengurangi jumlah konsumen yang tinggal lama setelah makan
sambil santai di tempat duduk. Sehingga hal tersebut digunakan untuk menambah
kapasitas tempat duduk untuk konsumen yang akan berkunjung ke restoran
Mc.Kinney. Strategi tersebut digunakan oleh Mc.Kinney karena jumlah tempat
duduk yang terbatas berkisar 25-30 orang saja. Diharapakan dengan adanya
strategi tersebut dapat menambah jumlah pengunjung yang datang ke restoran
sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.
2. Menurut pendapat saya
:
a.
Menambah kapasitas tempat duduk akan lebih baik daripada menggunakan pengeras
suara untuk mengurangi konsumen yang tinggal lama setelah makan sambil santai
di tempat duduk. Diharapkan setelah menambah kapasitas tempat duduk konsumen
tidak akan terganggu dengan penggunaan pengeras suara, tetapi dapat menambah
penggunaan iringan musik yang dapat membuat konsumen merasa rileks. Karena
konsumen yang merasa puas dengan
pelayanan restoran, mereka akan lebih loyal dalam melakukan intensitas
pembelian secara berulang-ulang.
b.
Menaikkan harga makanan atau minuman yang ada dengan mengutamakan kualitas dan
pelayanan yang memuaskan akan lebih baik daripada menggunakan pengeras suara
yang dapat mengganggu aktivitas pengunjung yang sedang menikmati suasana
restoran. Meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi, tetapi apabila konsumen
tulah merasa nyaman puas terhadap pelayanan maka mereka akan rela mengeluarkan
uang lebih banyak daripada biasanya.
c.
Untuk meningkatkan kapasitas penjualan Mc.Kinney dapat melakukan konsep
delivery order. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kapasitas penjualan dengan
tidak memerlukan banyak tempat yang harus tersedia di restoran. Karena dengan
sistem delivery order konsumen hanya memesan melalui hot-line yang tersedia
kemudian pihak restoran akan mengantar pesanan sampai tujuan.
Tiga
(3) pendapat kelompok kami tersebut dapat dijadikan sebagai referensi
perusahaan dalam melakukan alternatif pilihan strategi perusahaan untuk
mencapai tujuan yang telah direncanakan.
3.Strategi
difersifikasi adalah suatu strategi yang memanfaatkan kekuatan yang dimiliki
perusahaan untuk membuka peluang jangka panjang dalam produk pasar yang lain
atau baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar