Minggu, 05 Januari 2014

CONTOH KASUS SOAL KULIAH SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN


Paul Mc.Kinney adalah pemilik dan operator restoran kecil yang berlokasian di kota yang masyarakatnya pekerja keras. Pemilik tersebut lulusan perguruan tinggi di bidanng akuntansi. Dia mampu menganalisis dan mengontrol biaya.
Restoran berlokasi di tempat lama tetapi bangunannya dibuat model baru. Bisnisnya dibangun strategi volume yang tinggi dengan biaya umum yang rendah. Kapasitas tempat duduk hanya 25-30 orang. Mc.Kinney concerndengan konsumen yang tinggal lama setelah makan sambil santai di tempat duduk. Ia telah mempertimbangkan penggunaan pengeras suara (a buzzer system) untuk mengingatkan konsumen untuk meninggalkan restoran. Ia concern bahwa metodenya sangat jelas dan mungkin membuat konsumen tidak puas.
Questions :
1.        What is your opinion regarding Mc.Kinney proposed buzzer system ?
2.        What other suggestions to help increase turnover you make ? why are these ideas better ?
3.        What type of diversufication strategy would be concistent with Mc.Kinney’s restaurant business ? be specific ?
JAWABAN
            Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya, tetapi dalam pemasaran modern sepertinya paradigma pemasaran telah bergeser, tidak hanya menciptakan transaksi untuk mencapai keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan pelanggan dalam waktu yang panjang. Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya tentu tidak lepas dari usaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut dipengaruhi oleh kemampuan manajemen dalam melihat peluang dan kesempatan saat ini dan masa yang akan datang. Dengan semakin berkembangnya kehidupan dunia usaha, maka makin ketat pula persaingan yang dihadapi perusahaan. Oleh karena itu, masalah mencapai tujuan bukanlah hal yang mudah, keadaan seperti itu menuntut adanya profesionalisme seorang manajer dalam melaksanakan perencanaan, pengkoordinasian, pengarahan dan pengawasan terhadap semua kegiatan operasional perusahaan. Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang yang penting dalam pelaksanaan konsep perencanaan suatu perusahaan, karena dapat mendukung berhasilnya usaha yang dilakukan dengan cara memberikan kepuasan terhadap kebutuhan konsumen.
            Kemajuan di bidang teknologi juga dapat memberi suatu harapan kepada dunia usaha untuk tumbuh dan berkembang, karena hal itu mendorong agar perusahaan semakin termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi baru untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran sebagai tindakan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dimana fungsi pemasaran sering disebut sebagai ujung tombak perusahaan dalam mencapai tujuannya, karena dalam teori pemasaran modern disebutkan bahwa kunci sukses sebuah perusahaan sangat tergantung pada kemampuan melakukan penyesuaian secara dinamis terhadap kondisi lingkungan. Berlandaskan hal tersebut keberhasilan suatu bisnis bukan ditentukan oleh produsen melainkan oleh konsumen, sehingga berdasarkan konsep pemasaran tersebut hanya perusahaan yang mempunyai wawasan pelanggan yang bertahan, baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani pelanggan secara efektif dan memberikan nilai lebih baik daripada pesaing.
            Pemasaran sebagai salah satu alat terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan, yang terkait dengan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Penentuan strategi yang baik akan membawa pengaruh positif bagi pihak manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penentuan strategi pemasaran memerlukan alat analisis yang tepat dan cermat, salah stunya adalah dengan menerapakan analisis SWOT. Dengan analisis SWOT diharapakan perusahaan dapat menentukan tujuan yang realistis sesuai dengan kondisi perusahaan. Analisis SWOT secara sederhana dipahami sebagai pengujian terhadap kekuatan dan kemampuan internal perusahaan yang berupa keunggulan baik sumber daya, keahlian serta keunggulan lain yang dapat digunakan dalam persaingan bisnis. Kelemahan dan keterbatasan yang dimiliki oleh internal perusahaan yang dapat menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya. Peluang dan kesempatan adalah suatu keadaan eksternal perusahaan dalam mencapai tujuannya. Serta ancaman lingkungan eksternal perusahaan yang dapat menghalangi dan menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya.
1. Berdasarkan konsep yang digunakan oleh Mc.Kinney, penggunaan pengeras suara dianggap mampu mengurangi jumlah konsumen yang tinggal lama setelah makan sambil santai di tempat duduk. Sehingga hal tersebut digunakan untuk menambah kapasitas tempat duduk untuk konsumen yang akan berkunjung ke restoran Mc.Kinney. Strategi tersebut digunakan oleh Mc.Kinney karena jumlah tempat duduk yang terbatas berkisar 25-30 orang saja. Diharapakan dengan adanya strategi tersebut dapat menambah jumlah pengunjung yang datang ke restoran sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.
2. Menurut pendapat saya :
a. Menambah kapasitas tempat duduk akan lebih baik daripada menggunakan pengeras suara untuk mengurangi konsumen yang tinggal lama setelah makan sambil santai di tempat duduk. Diharapkan setelah menambah kapasitas tempat duduk konsumen tidak akan terganggu dengan penggunaan pengeras suara, tetapi dapat menambah penggunaan iringan musik yang dapat membuat konsumen merasa rileks. Karena konsumen yang  merasa puas dengan pelayanan restoran, mereka akan lebih loyal dalam melakukan intensitas pembelian secara berulang-ulang.
b. Menaikkan harga makanan atau minuman yang ada dengan mengutamakan kualitas dan pelayanan yang memuaskan akan lebih baik daripada menggunakan pengeras suara yang dapat mengganggu aktivitas pengunjung yang sedang menikmati suasana restoran. Meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi, tetapi apabila konsumen tulah merasa nyaman puas terhadap pelayanan maka mereka akan rela mengeluarkan uang lebih banyak daripada biasanya.
c. Untuk meningkatkan kapasitas penjualan Mc.Kinney dapat melakukan konsep delivery order. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kapasitas penjualan dengan tidak memerlukan banyak tempat yang harus tersedia di restoran. Karena dengan sistem delivery order konsumen hanya memesan melalui hot-line yang tersedia kemudian pihak restoran akan mengantar pesanan sampai tujuan.
Tiga (3) pendapat kelompok kami tersebut dapat dijadikan sebagai referensi perusahaan dalam melakukan alternatif pilihan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.
3.Strategi difersifikasi adalah suatu strategi yang memanfaatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk membuka peluang jangka panjang dalam produk pasar yang lain atau baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar